MOST RECENT

|

PLN Serahkan PLTMH DME Kemasyarakat Pallawa Kabupaten Bone

BONE -- Pada hari Jumat 27/01 PT PLN (Persero) Wilayah Sulselrabar akan menyerahkan bantuan P3L (Program Partisipasi Pemberdayaan Lingkungan) berupa Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) kepada masyarakat Pallawa,  (Lembaga Pengelola PLTMH Pallawa). Acara serah terima akan berlangsung di lokasi PLTMH di Kec.Tellu Limpoe, Kab.Bone, Sulawesi Selatan dan disaksikan oleh Bupati Bone, jajaran PLN Wilayah Sulselrabar, PLN Area Watampone dan masyarakat sekitar.

PLTMH DME (Desa Mandiri Energi) merupakan salah satu program P3L unggulan PLN yang dimaksudkan untuk memberdayakan masyarakat (community empowering), sehingga daerah yang tidak terjangkau jaringan listrik PLN dapat menikmati energi listrik dan meningkatkan kualitas kehidupannya. Dengan program ini, desa terpencil bisa mendapatkan energi listrik berbasis sumber daya lokal, dan diharapkan nantinya berkembang menjadi desa modern.

PLTMH Pallawa berlokasi di Kec.Tellu Limpoe, Kab.Bone, memiliki daya mampu sebesar 35 KW, dan berada dekat dengan pemukiman ±100 Kepala keluarga. PLTMH ini telah di survey sejak tahun 2009 dengan kesulitan alamnya berupa kondisi kemiringan lokasi tanah dan bebatuan cadas, sehingga memerlukan waktu yang cukup lama untuk menyelesaikannya. Sejak tahun 2010 program CSR PLN Wil. Sulselrabar dikembangkan untuk membangun DME yang berwawasan  lingkungan melalui pemberdayaan masyarakat dan diterapkan di kawasan yang masih terisolir. Model DME dilakukan melalui proses bottom up untuk menjamin kesinambungan, yang dimiliki, dikelola, dan dipelihara sendiri oleh masyarakat. Peletakan batu pertama pembangunan PLTMH Pallawa dilakukan oleh Bupati Bone didampingi manajer PLN Cabang Watampone Firman Ansyari pada tanggal 27 Oktober 2010 yang bertepatan dengan peringatan Hari Listrik Nasional (HLN).

Sadar akan keberlangsungan PLTMH, PLN Sulselrabar tidak saja membangun dan menyerahkan bantuan PLTMH kepada warga, melainkan juga memberikan edukasi pelatihan pengoperasian dan pemeliharaan selama enam bulan bekerjasama dengan unit Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Politeknik Negeri Ujung Pandang. PLN Sulselrabar senantiasa menjalin hubungan baik dengan masyarakat termasuk diantaranya melalui program community empowering, community relations dan community services. Sebelumnya PLN Sulselrabar juga telah menyelenggarakan Program Partisipasi Pemberdayaan Lingkungan berupa beasiswa, bantuan sepeda motor kebersihan, pelatihan agrobisnis, pelatihan handycraft/kerajinan anyaman, bantuan sarana ibadah, korban bencana dan kebakaran, perpustakaan keliling, bantuan ke panti jompo dan panti asuhan, pasar murah sembako, dll.

Posted by PANRITA'E on 7:58 PM. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "PLN Serahkan PLTMH DME Kemasyarakat Pallawa Kabupaten Bone"

Leave a reply

TINGGALKAN KOMENTAR

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added