MOST RECENT

|

Fenomena Pengendara Di Bawah Umur


Lakukan Pengawasan Saat Anak Berkendaraan Sepeda Motor.

Jumlah Kecelakaan di Kota Makassar, priode Januari hingga 22 November 2011 tercatat sebanyak 1085 kasus, 168  orang  diantaranya meninggal dunia. Sementara pada tahun 2010 jumlah kecelakaan lalu lintas sebanyak 440 Kasus, meninggal dunia sebanyak 118 jiwa dan  luka berat hingga cacat sebanyak 162 orang.

Jika dilakukan perhitungan secara matematika tentunya jumlah kecelakaan tahun ini dibandingkan tahun lalu sangat jauh meningkat. Apa yang menjadi penyebab tingkat kecelakaan semakin meningkat setiap tahunnya?. Jika dilakukan penelitian dan analisasi jawaban sederhana akan di dapatkan, dimana jawabanya adalah “Ketidak Disiplinan Dalam Berlalu Lintas.”

Sifat tidak disiplin dan tidak sabar pengemudi saat berkendaraan menjadi awal dari kecelakaan yang terjadi selama ini, sementara faktor lain penyebab korban berjatuhan dijalanan sehingga menyebabkan penderitaan dan kemiskinan bagi korban dan keluarganya adalah faktor jumlah kendaraan utamanya sepeda motor yang terus bertambah setiap harinya tampa diikuti oleh peluasan jalan yang cukup berarti bahkan beberapa titik masih ditemukan rambu-rambu lalu lintas tidak berfungsi maksimal.

Melihat jumlah kecelakaan yang tidak sedikit ini, Polantas Makassar mencatat yang mendominasi kecelakaan adalah usia produktif mulai dari 11 hingga 30 tahun. Dan 108 persen menjadi korban maupun tersangka kecelakaan adalah pengendara sepeda motor. Penyebabnya lagi-lagi ketidak disiplinan dan ketidak pahaman dalam berkendaraan.

Melihat fenomena ini, dimana jumlah korban kecelakaan adalah usia produktif atau rata-rata anak di bawah umur, maka campur tangan orang tua dalam melakukan pengawasan akan sangat membantu dalam menekan jumlah kecelakaan berkendaraan. Sayangilah anak-anak anda dengan tidak memberian izin mengemudikan sepeda motor jika usianya belum mencukupi dan lakukanlah pengawasan setiap saat.

Mengingat pada usia ini merupakan usia pencarian jati diri, sehingga tidak menutup kemungkinan anak-anak yang masih belasan tahun dalam pencarian jati diri tersesat dan menjadi salah satu gang motor yang dapat membahayakan nyawanya dan pengguna jalan lainnya. Sayanngilah anak-anak anda, jangan sampai generasi penerus bangsa ini mengakhiri hidupnya di jalanan karena mereka sangat rentan dan belum dapat mengontrol emosi khususnya saat mengendarai sepeda motor.

Selain ketidak disiplinan dalam berkendaraan penyebab lain usia produktif banyak menjadi korban mesin pembunuh nomor satu atau sepeda motor dijalanan adalah kurangnya pemahaman dalam berkendaraan khususnya bagi anak dibawah umur. Tak dapat dipungkiri pada usia produktif selalu merasa hebat dan ingin memperlihatkan diri jika mereka “BISA” dan terkadang tidak mempertimbangkan dan memperhitungkan akibat yang akan ditimbulkan dengan aksi yang dilakukan di jalanan.

Karena merasa hebat. Alat keamanan pelindung tubuh dalam berkendaraan pun seperti tidak menggunakan helm, sepatu, jaket dan kos tangan diabaikan bahkan saat berkendaraan mereka tidak takut ugal-ugalan dengan kecepatan tinggi, mereka tidak peduli jika kecelakaan sewaktu-waktu dapat terjadi yang mengakibatkan luka-luka, cacat permanen bahkan membunuh mereka dan pengguna jalan lainnya.

Agar kedepannya generasi-generasi penerus bangsa ini tidak menjadi korban sia-sia oleh mesin pembunuh nomor satu di jalanan, maka lagi-lagi pengawasan dan kehangatan orang tua menjadi faktor utama dalam menyelamatkan nyawa anak-anak mereka dari jalanan bukan hanya di bebankan pada polontas Makassar saja, begitu pun aturan dan tata cara dalam berkendaraan perlu diterapkan pada bangku sekolah demi menyelamatkan generasi penerus bangsa ini.

"Sayangilah anak-anak, jangan biarkan inpian besar yang anda gantungkan pada mereka kandas di jalanan, mereka calon pemimpin negeri ini, mereka yang akan bercerita betapa hebatnya orang tua mereka kepada anak cucu mereka yang akan datang," tetap jaga keselamatan diri dan keluarga. Hormati dan hargailah pengguna jalan lainnya. Lebih baik lambat sampai ke rumah dari pada cepat sampai rumah sakit atau kuburan.

Posted by PANRITA'E on 1:14 AM. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

2 komentar for "Fenomena Pengendara Di Bawah Umur"

  1. kerenn blognya...bisa jadi bahan intropeksi diri neehh

Leave a reply

TINGGALKAN KOMENTAR

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added