MOST RECENT

|

Bantimurung Objek Wisata Terbaik di Sulawesi Selatan

Membenahi Kerajaan Kupu-kupu, dalam meningkatkan pengunjung.



Bantimurung sebagai habitat kupu-kupu endemik di Sulawesi Selatan yang memiliki keindahan panorama alam dan bentangan kars yang indah, menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan domestik dan manca negara. Bukan hanya untuk kepentingan wisata,Bantimurung juga menjadi laboratorium penelitian bagi para peneliti, karena memiliki banyak keanekaragaman hayati. Salah satunya adalah kupu-kupu.

Keindahan Alam Bantimurung



Bantimurung dengan keindahan alam dan air terjunnya banyak dikunjungi oleh masyarakat umum, wisatawan nusantara dan wisatawan luar negeri, demi kenyamanan dan keamanan tempat ini terus dibenahi oleh pemerintah setempat. Baik dalam hal menjaga kelestarian alamnya, maupun meningkatkan layanan bagi para pengunjungnya. Lokasi Bantimurung yang bertempat di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, menjadikan Pemerintah Kabupaten Maros sebagai instansi yang bertanggung jawab untuk pengembangan kawasan tersebut. Salah satu pembenahan yang dilakukan adalah penataan Museum Kupu-Kupu. Pembenahan dilakukan dengan memperbaharui tampilan wajah kawasan wisata alam Bantimurung.

Musium Kupu-kupu Bantimurung

Khususnya, Museum Kupu-Kupu. Hal ini dilakukan untuk menarik perhatian pengunjung. Selain itu, juga untuk memperbaharui koleksi kupu-kupu yang ada di museum. Selain pembenahan fisik, juga dilakukan pembenahan koleksi kupu-kupu yang sudah rusak. Terutama koleksi kupu-kupu yang menjadi spesies khas Sulawesi yang terdapat di Bantimurung. Di antaranya, yang termasuk dalam Family Papilionidae dan Troides, seperti jenis Atacus atlas, Papilio blumey, Troides hypolithus, Troides helena dan Troides halipron. Hal ini merupakan salah satu wujud komitmen Pemerintah Kabupaten Maros untuk mengembalikan kejayaan Bantimurung sebagai Kingdom of Butterfly atau kerajaan kupukupu di Indonesia.

Mengembalikan Bantimurung Sebagai Kingdom of Butterfly

Keinginan Pemerintah Kabupaten Maros mengembalikan Bantimurung sebagai Kingdom of Butterfly bukan hal yang mustahil. Sebagai langkah awal, akan melakukan pembudidayaan kupu-kupu dengan mengaktifkan kembali penangkaran kupu-kupu yang di dalamnya menyediakan pakan, sehingga kupu-kupu yang meninggalkan kawasan, bisa kembali ke Bantimurung.Bantimurung yang dulunya dikenal sebagai Kingdom of Butterfly, akan dikembalikan kejayaannya seperti dulu lagi. Mengingat dulu, banyak sekali spesies kupu-kupu yang bisa terlihat dan dinikmati oleh pengunjung.

Bantimurung Objek Wisata Terbaik di Sulawesi Selatan

Inilah yang menjadikan objek wisata alam bantimurung bisa di kategorikan objek wisata terbaik di sulawesi selatan dan yang tidak dimiliki oleh objek wisata manapun di Indonesia termasuk dunia. Saat ini, Kepunahan ini diakibatkan oleh padatnya pengunjung, sehingga kupu-kupu sulit beradaptasi terhadap perubahan lingkungan yang terjadi. Agar kupu-kupu ini tetap dapat dinikmati anak cucu kita maka pmerintah setempat akan membuat areal khusus penangkaran kupu-kupu yang dilengkapi dengan tanaman pakan, dan menetapkan areal itu sebagai areal yang tidak terlalu terbuka bagi para pengunjung.

Bantimrung Terus Dipadati Pengunjung

Saat ini, kondisi Wisata Alam Bantimurung, nampak dipadati pengunjung. Setiap hari Sabtu dan Minggu, rata-rata jumlah pengunjung sekitar 2.500 orang. Jumlah ini, setiap tahun terus mengalami peningkatan. Dan diperkirakan tahun ini akan mencapai 50 ribu pengunjung. Mulai tahun ini, Pemerintah Kabupaten Maros akan terus melakukan pembenahan. Diharapkan, dengan pembenahan yang dilakukan, kapasitas obyek Wisata Alam Bantimurung, dapat menampung sedikitnya 20 ribu pengunjung setiap hari.

Posted by PANRITA'E on 6:58 PM. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

6 komentar for "Bantimurung Objek Wisata Terbaik di Sulawesi Selatan"

  1. mantapp....like gambar dan bahasanya

  2. hahhahah, namanya juga baru belajar

  3. lebih mengangkat potensi keindahan alam sulsel....
    sangat2 menarik...

  4. Wah bantimurung nih :D kebetulan ayah saya juga kepala seksi di bantimurung! hihiw :3

  5. wih ikut kontes SEO ya ? semogasukses

  6. Tak heran Bantimurung selalu dibanjiri banyak pengunjung karena merupkan tempat salah satu wisata paling indah diMakasar... Bantimurung slalu mengingatkanku pd senior2ku di FIK PERMATA... ingin rasanya q mengulang masah lalu... ''''eheeem curhat ni yeee.... iseng dikit gak ap2 kan... hehe..
    makasi udh mengangkat judul ini....

Leave a reply

TINGGALKAN KOMENTAR

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added