MOST RECENT

|

Menikmati Wisata Desa Lakkang

Menikmati Susana Desa di Tengah Kota Makassar menjadi tempat alternatif untuk rekreasi

Pulau Lakkang merupakan salah satu pulau yang berada tengah Kota Makassar, menurut sejarah pulau ini telah dihuni sejak abad ke-14 sejak awal masuknya agama Islam di Sulawesi Selatan. Walaupun pulau ini berada pada tengah Kota Makassar dan telah lama berpenghuni namun keasrian dan keasliannya tetap terjaga baik.

Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Makassar, akan menjadikan pulau ini sebagai kawasan desa wisata mengingat potensi wisata wilayah ini cukup mejanjikan.Pertumbuhan perekonomian Kota Makassar yang begitu pesat serta mobilitas yang tinggi membuat warga Kota Makassar menjadi kehilangan harmoni sehingga merindukan suasana alam pedesaan untuk menenangkan diri sejenak.

Bagi mereka yang seperti ini tentunya dapat memamfaatkan suasana pedesaan yang ditawarkan pulau lakkang.Untuk menuju ke daratan lakkang yang berpenghuni 181 Kepala Keluarga itu, pengunjung dapat mengakses beberapa jalur yang telah disediakan namun yang paling sering diakses adalah jalur jalan tol reformasi, jalan perintis kemerdekaan dan jalur kampung kera-kera tamalanrea.

Sebelum benar-benar sampai pada pulau lakkang pengunjung terlebih dahulu menggunakan perahu yang telah disediakan warga setempat yang disebut warga setempat ‘Pincara’ dengan jarak tempuh 20 menit dengan biaya sebesar Rp 1000 perorangnya sementara jika membawa motor akan dikenakan biaya sebesar Rp 4000.

Selama dalam perjalanan yang memakan waktu 20 menit dengan menggunakan perahu pengunjung dapat menikmati suasana sungai dengan pohon bakau dan nipa. Bangi pengunjung yang hanya ingin berkunjung cuma sehari sebaiknya memulai perjalanan pada subuh hari dan bisa kembali pada malam hari karena masyarakat setempat telah memulai mengoperasikan perahu-perahu mereka pada subuh dan berakhir pada pukul 22.00 Wita.

Walaupun Kelurahan Lakkang termasuk daerah terpencil dari segi lokasi, namun masyarakat yang tergabung dalam dua rukun warga ini telah maju, bahkan kelurahan lakkang pada tahun 2010 berhasil masuk dalam 50 rukum warga terbaik ‘Makassar Green and Clean 2010’.

Setelah sampai di daratan Lakkang maka akan ditemukan penduduk yang ramah dan fasilitas yang cukup memadai. Pengunjung pun siap menikmati alam daratan Desa Wisata yang sangat indah dan jauh dari polusi udara dan suasana rebut kota, berbagai macam tumbuhan buah milik warga setempat juga menjadi penghias pulau lakkang dengan suasana alam yang dikelilingi persawahan, kebun dan tambak sangat cocok bagi yang ingin menyegarkan dan menyehatkan mata.

Pulau lakkang yang memiliki luas sekitar 165 hektar dengan jumlah penghuni 125 keluarga pada umumnya berprofesi sebagai petambak dan nelayan. “Pada tahun 2006 lalu pulai ini dijadikan pusat peringatan hari habitat sedunia bertema ‘Cities Magnets of Hope’ . Pulau Lakkang dipilih menjadi lokasi peringatan karena kehidupan di daratan itu dinilai mewakili harapan akan kehidupan yang harmonisasi, utuh tampa hasrat yang besar akan urbanisasi.

Posted by PANRITA'E on 8:18 AM. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "Menikmati Wisata Desa Lakkang"

Leave a reply

TINGGALKAN KOMENTAR

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added