MOST RECENT

|

Enam Tahun Melampaui Target

Kota Makassar yang merupakan pintu gerbang Kawasan Timur Indonesia (KTI), memiliki 14 kecamatan. Salah satunya, kecamatan Mariso yang berada di daerah pesisir. Dari letak geografis kecamatan ini mayoritas warganya berprofesi sebagai buruh dan nelayan serta berpenghasilan di bawah rata-rata. Sedangkan dari tingkat pendidikan warganya pun jauh di bawah beberapa kecamatan lainnya.

Walaupun warga Kecamatan Mariso hanya berprofesi sebagai buruh dan nelayan dengan penghasilan rendah tapi soal kesadaraan dalam melakukan kewajiban membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tak dapat diragukan lagi. Berturut-turut selama enam tahun warga Mariso selalu tepat waktu dalam membayar PPB. Bahkan selama enam tahun belakangan ini menurut Drs. H.A. Amir Idrus M.Si., Camat Mariso,”PBB yang disetorkan ke Pemerintahan Kota Makassar selalu melebihi target.”

“Untuk tahun ini kami telah melunasi PBB jauh sebelum jatuh tempo,” ucap Amir. Bahkan, PBB yang diserahkan sebesar 120 persen, ini menandakan kelebihan sebesar 20 persen. Tingginya kesadaran warga Kecamatan Mariso yang memiliki sembilan kelurahan ini didukung oleh kesadaran masyarakat akan pentingnya pembangunan yang harus dilakukan pemerintah khususnya pembangunan di Mariso.

Hal lain yang membuat tingginya tingkat kesadaran warga Mariso dalam melakukan pembayaran PBB, disebabkan warga Mariso telah merasakan secara langsung pembangunan yang dilakukan di daerah mereka. Yakni, perbaikan lingkungan seperti jalan-jalan lingkungan yang telah menggunakan paving blok dan drainase yang lebih baik.

Bukan cuma itu, bahkan ada tiga kelurahan yang mendapatkan bantuan sebesar Rp 1 miliar dari Bank Dunia untuk proyek PNPM Mandiri dan juga ada kelurahan yang mendapatkan bantuan pembangunan rumah sebesar Rp 5 juta per kepala keluarga. Bantuan uang tunai ini diberikan secara langsung kepada kepala keluarga yang membutuhkan.

Pengelolaan uang yang diberikan sepenuhnya diserahkan kepada si penerima, terserah bagi si penerima apakah uang itu akan dibelikan seng atau balok asalkan tujuannya jelas. Yakni, untuk pembangunan dan perbaikan rumah mereka.

Posted by PANRITA'E on 10:24 PM. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "Enam Tahun Melampaui Target"

Leave a reply

TINGGALKAN KOMENTAR

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added