MOST RECENT

|

Perbaikan Gizi melalui Pemberdayaan Masyarakat


NICE (Nutrition Improvement though Community Empowerment) atau perbaikan gizi melalui pemberdayaan masyarakat adalah program pemberdayaan masyarakat dimana rakyat dengan sumber daya dan potensinya mampu mengenali, mencegah, serta mengatasi masalah gizi dan kesehatan. Adapun sasaran utama NICE adalah balita, ibu hamil dan menyusui, terutama yang datang dari keluarga miskin.
Perbaikan gizi melalui pemberdayaan masyarakat atau NICE dianggap perlu dilakukan. Mengingat berbagai upaya pencegahan dan penanganan telah dilakukan secara lintas sektor, baik oleh Pemerintah Pusat maupun daerah. Namun, kasus gizi buruk tetap saja terjadi. Kasus berulang ini terjadi pada anak atau keluarga yang sama, terutama keluarga dari tingkat ekonomi dan pendidikan rendah.
“Kita perlu menghargai potensi, sumber daya, dan kearifan masyarakat setempat dalam memenuhi gizi,” ucap Dr. Hj A. Naisyah Tun Azikin, M.Kes, Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar. Maka, masyarakat perlu difasilitasi, didampingi dan dibantu. NICE difokuskan mengembangkan model pemberdayaan masyarakat di Desa Siaga yang diselenggarakan oleh, dari, dan untuk masyarakat.
Meningkatkan status gizi balita, ibu hamil dan ibu menyusui terutama keluarga miskin di daerah sasaran menjadi tujuan NICE. Caranya, melalui pemberdayaan masyarakat dengan pembentukan kelompok gizi masyarakat, penyediaan fasilitator, dan pemberian bantuan paket pemberdayaan masyarakat. Selain itu, dilakukan dengan penguatan kapasitas institusi, kebijakan program termasuk surveilans gizi dan Desa Siaga, peningkatan jangkauan dan mutu pelayanan gizi terpadu di puskesmas, poskesda, dan posyandu. Termasuk, peningkatan jangkauan suplementasi zat gizi dan fortifikasi pangan, peningkatan edukasi pemberian makanan bayi dan anak, serta pola makan gizi seimbang.
Di Kota Makassar sendiri terdapat 64 kelompok NICE yang tersebar. Kelompok-kelompok ini memiliki kegiatan seperti, menyusun perencanaan sesuai kebutuhan dan kondisi permasalahan gizi yang ada di wilayah kelompok gizi tersebut. Kegiatan lainnya, yakni kegiatan paket gizi. Kegiatan yang dilaksanakan oleh kelompok paket gizi ini sesuai dengan apa yang telah direncanakan. Seperti, pemantauan pertumbuhan balita di posyandu, melaksanakan kegiatan demo masak di posyandu, melaksanakan kegiatan kelas gizi, kelas ibu hamil, kelas ibu menyusui, kelas balita dan kelas ibu balita kurang gizi.
Kegiatan paket gizi lainnya adalah melakukan kunjugan kader ke balita yang tidak datang ke posyandu, pengadaan air berskala kecil di SD/MI yang diproritaskan, pembinaan penjaja makanan dan kantin sekolah, pembinaan keluarga sadar gizi, peningkatan fasilitas posyandu, kegiatan monitoring pertumbuhan balita, peningkatan cakupan posyandu, kegiatan kelas ASI eksklusif, kunjungan rumah balita gizi buruk, dan pembinaan kader posyandu.
Hasil dari kegiatan ini  secara rutin dilanjutkan dengan pertemuan-pertemuan untuk mengetahui sejauh mana perkembangannya lalu dikoordinasikan dengan Lurah setempat.

Posted by PANRITA'E on 12:46 AM. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "Perbaikan Gizi melalui Pemberdayaan Masyarakat"

Leave a reply

TINGGALKAN KOMENTAR

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added