MOST RECENT

|

Bangun Pabrik Berkapasitas Produksi 1,1 Juta Unit

panritae.com -- Untuk memenuhi permintaan pasar sepeda motor skutik di Indonesia, PT Astra Honda Motor (AHM) akan membangun pabrik baru dengan kapasitas produksi 1,1 juta unit per tahun. Pabrik baru AHM ini akan dibangun di Kawasan Industri Bukit Indah yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat. Fasilitas perakitan sepeda motor ini, diharapkan beroperasi pada akhir semester kedua 2013.

Pabrik yang akan dibangun ini merupakan pabrik keempat yang akan dimiliki AHM. Untuk rencana ini, AHM yang merupakan perusahaan joint venture PT Astra International Tbk dan Honda Motor Co. dengan komposisi saham 50:50 persen, menanamkan modal sebesar Rp 3,128 triliun. Pabrik yang keempat ini akan melengkapi tiga pabrik sepeda motor Honda yang sudah ada sebelumnya, yang berlokasi di Sunter, Pegangsaan, dan Cikarang. Dengan demikian, secara total kapasitas produksi sepeda motor Honda di Indonesia akan mencapai 5,3 juta per tahun.

Pabrik baru yang akan dibangun ini akan menerapkan konsep yang mampu mengurangi jumlah emisi CO2 dan memanfaatkan sumber daya alam seperti pembangkit listrik tenaga angin, pembangkit listrik tenaga surya, dan lainnya. Selain itu, pabrik ini dirancang agar setiap proses produksinya berlangsung secara canggih sehingga akan menjadi pabrik yang nyaman bagi tenaga kerja, serta ramah lingkungan bagi masyarakat sekitar.

"Kami berkomitmen 100 persen menyuplai produk berkualitas terbaik dengan teknologi canggih untuk kesenangan berkendara dengan harga terjangkau dan ramah lingkungan sesuai kebutuhan konsumen,” kata President Director AHM, Yusuke Hori.

Pabrik keempat AHM ini nantinya akan menyerap tenaga kerja sekitar 3 ribu orang, sehingga total tenaga kerja di pabrik Honda, termasuk yang ada di pabrik yang sudah beroperasi saat ini menjadi sekitar 21 ribu tenaga kerja. “Langkah ini merupakan salah satu komitmen kami untuk terus memberikan nilai tambah bagi industri sepeda motor di Tanah Air sekaligus menciptakan lapangan kerja baru. Selain itu, juga untuk memenuhi permintaan pasar yang terus meningkat,” kata Executive Vice President Director AHM, Johannes Loman.

Pasar sepeda motor Indonesia adalah pasar terbesar ketiga di dunia setelah Cina dan India. Permintaannya terus meningkat karena ditopang oleh fondasi perekonomian yang stabil dalam beberapa tahun terakhir ini. Pasar motor nasional tahun 2011 mencatat angka tertinggi sepanjang sejarah yaitu sekitar 8,01 juta unit, tumbuh 8,7 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Penjualan AHM pada 2011 tercatat 4,27 juta unit, tumbuh 25,1 persen dibandingkan tahun sebelumnya, atau jauh melampaui pertumbuhan pasar. Pada 2012, AHM menargetkan dapat menjual 4,6-4,8 juta unit sepeda motor dengan prediksi total pasar akan meningkat sekitar 8,4-8,7 juta unit. AHM akan tetap berusaha menjawab harapan para konsumen dengan memberikan produk yang berkualitas dengan harga terjangkau dan ramah lingkungan sesuai kebutuhan konsumen.

Posted by PANRITA'E on 2:01 AM. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

2 komentar for "Bangun Pabrik Berkapasitas Produksi 1,1 Juta Unit"

  1. sepertinya Pabrik Perakitan Sepeda Motor lagi, entah kapan akan dibangun Pabrik Motor yang benar-benar Pabrik untuk produksi semua komponen motor, dari mesin, body cover, rangka hingga menjadi sepeda motor, karena saat ini semua itu masih di import dari Jepang dan Thailand untuk kemudian dirakit di Indonesia.
    Padahal konon kabarnya Indonesia adalah pasar sepeda motor terbesar ketiga di dunia :)

  2. pabrik yang ada konon kabarnya hanyalah pabrik perakitan dan pabrik casing, karena bahan baku utama-nya..seperti mesin masin di impor dari jepang dan thailand,
    kapan ya..kita sebagai market terbesar bisa membalikkan keadaan ini :)

Leave a reply

TINGGALKAN KOMENTAR

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added