MOST RECENT

|

Strategi Pengembangan dan Promosi Wisata Sulawesi Selatan

Visit South Sulawesi 2012

Tahun ini menjadi momen yang sangat dinanti-nanti oleh semua masyarakat Sulawesi Selatan (Sulsel). Mengingat, tahun ini Pemerintah Provinsi Sulsel melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata akan meningkatkan wisatawan ke Sulsel melalui program Visit South Sulawesi 2012.
Demi suksesnya program Visit South Sulawesi 2012, diharapkan peran aktif dari seluruh lapisan masyarakat. Agenda behavior harus tetap menjadi yang utama yakni menyadarkan setiap individu untuk ikut menerapkan sapta pesona dengan baik. Bersih, indah, tertib, aman, sejuk, ramah dan kenangan.

Maka, untuk mewujudkan semua itu, sudah menjadi tanggung jawab Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan meminta kepada seluruh pihak terkait dan para pemangku kepentingan untuk mendukung dan ikut menyukseskan Visit South Sulawesi 2012 ini. Atmosfer keamanan, kenyamanan, dan ketertiban, harus ditumbuhkan dari peran aktif seluruh pihak, seperti mahasiswa, LSM, tokoh masyarakat, akademisi, serta aparat keamanan.

Selain itu, semua lapisan yang peduli akan kemajuan pariwasat di Sulsel harus mampu memberikan pembuktian terbalik kepada dunia luar bahwa kesan Sulawesi Selatan tidak aman, tidak nyaman untuk dikunjungi adalah tidak benar. Sebaliknya, Sulawesi Selatan adalah provinsi yang aman, nyaman, ramah dan tanpa anarki. Jika hal ini bisa kita buktikan, niscaya Visit South Sulawesi 2012 bisa berjalan sukses dan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat melalui sektor pariwisata.

Selain itu, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan juga bertanggung jawab untuk memperkuat dan mengembangkan daya tarik persona wisata alam/nature, wisata sejarah, wisata gunung, wisata bahari (marine tourism) dan kuliner. Tak dapat dipungkiri saat ini Sulawesi Selatan telah menjadi pintu destinasi yang strategis di kawasan Indonesia Timur keindahan alam yang disajikan menjadi daya tarik tersendiri untuk dikunjungi  oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Jika Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Provinsi Sulsel telah melakukan Strategi Pengembangan dan Promosi Wisata Sulawesi Selatan seperti ini maka dengan sendirinya wisatawan akan berdatangan sesuai apa yang diinginkan dan tentunya akan berdampak besar terhadap kemajuan prekonomian daerah setempat yang memiliki objek-objek wisata tersebut.

Objek Wisata di Sulawesi Selatan 

Tak dapat dipungkiri Sulawesi Selatan merupakan salah satu gudang objek wisata yang ada di Indonesia. Jika membicarakan objek wisata di Sulawesi Selatan maka yang langsung terbayan adalah kekayaan akan budaya yang ada di Tana Toraja, selain Tana Toraja yang dapat menjadi agenda kunjungan karena keindahan alam dan budayanya dalam tulisan ini, akan mengurai terlebih dahulu beberapa objek wisata yang ada di Ibu Kota Provinsi Sulawesi Selatan yaitu Kota Makassar.

Sebelum melangkah lebih jauh ke daerah-daerah lain yang ada di Sulawesi Selatan tak ada salahnya mengunjugi beberapa objek wisata di Kota Makassar. Di Kota Makassar wisatawan dapat mengunjungi dan menikmati sejumlah kawasan wisata, seperti Ford Rotterdam, wisata pantai dan pulau yang menjadi ikon Kota Makassar juga dapat dipilih sebgai alternative wisata yang menarik.

Bagi yang gemar dengan wisata bahari tak ada salahnya berkunjung ke  salah satu pulau wisata yang tak berpenghuni. Pulau ini bernama Kodigareng Keke yang berjarak 13,45 kilometer dari pusat Kota Makassar. Bentuk pulau ini memanjang dari Timur Laut ke Barat Daya, dengan luas sekitar satu hektare. Pada sisi selatan pulau, pantainya tersusun oleh bongkahan karang yang berserakan berbentuk kerikil di beberapa bagiannya. Sedangkan pada sisi utara tersusun oleh pasir putih yang berukuran sedang dan halus dan bentuknya berubah megikuti Musim Barat dan Timur.

Untuk datang ke pulau ini karena belum adanya alat transportasi regular yang tersedia, maka pengunjung dapat menggunakan perahu motor carteran yang dapat memuat penumpang sebanyak 10 orang.  Walau pun pulau ini tak berpenghuni, namun pengunjung tetap dapat menikmati suasana pulau dengan pasir putihnya yang indah. Pulau ini juga menyediakan fasilitas seperti resor bagi yang membutuhkan akomodasi dan juga  snorkeling. Bagi pengunjung yang tak menyukai snorkeling atau diving dapat menikmati aktivitas lainnya seperti bersantai di hamparan pantai berpasir putih.

Setelah puas menikmati semua tempat-tempat wisata yang ada di Kota Makassar, wisatan masih dapat menemukan tempat wisata lainnya yang ada di Sulsel, seperti objek alam bantimurung yang ada di Kabupaten Maros, disini wisatawan akan disuguhi panorama alam pengunungan dimana air terjun yang membelah gunung menjadi ikon kawasan wisata ini, selain dapat menikmati keindahan alam pegunungan sambil menikmati air terjun pengunjung juga dapat mengamati secara langsung berbagai jenis kupu-kupu langkah yang ada di tempat ini.

Tentunya bukan cuma tempat-tempat ini yang dapat dinikmati bersama teman ataupun keluarga, namun masih banyak lagi dan hampir semua daerah yang ada di Sulawesi Selatan memiliki keunikan dan keindahan alam ataupun kebudayaan yang dapat dikunjungi seperti takabone rate, tanjung bira, tanjung palette, dan beberapa wisata gowa.

Di Sulawesi Selatan bukan hanya wisata alam, wisata sejarah atau wisata bahari yang dapat dinikmati. Bukan Sulawesi Selatan namanya jika tidak ada wisata kulinernya yang disiapkan dan tak sedikit wisatawan dari luar Sulsel jika berkunjung langsung mencari kuliner di daerah ini.

Kuliner apa saja yang dapat dicicipi? nah, tinggal pilih mau konro, sop saudara, pallu basa, pisang epe. Semuanya ada tinggal pilih saja bahkan masih banyak masakan tradisional yang dapat dinikmati di daerah ini, lebih detailnya datang dan rasakan sendiri kegurihan yang ditawarkan.

Saran Buat Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan 

Provinsi Sulawesi Selatan sangat kaya akan tempat-tempat wisata baik wisata alam, wisata sejarah, wisata gunung, wisata bahari (marine tourism) dan kuliner. Agar kedepannya tempat-tempat wisata ini dapat berfungsi maksimal yang tentunya akan meningkatkan pendapatan daerah, sebaiknya tempat-tempat tersebut wisata terus dijaga dan dilakukan peremajaan serta yang terpenting memudahkan akses bagi wisatawan mendatangi tempat wisata tersebut, mengingat saat ini masih ada beberapa tempat wisata yang cukup potensial belum digarap secara maksimal.

Posted by PANRITA'E on 11:39 PM. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

2 komentar for "Strategi Pengembangan dan Promosi Wisata Sulawesi Selatan"

  1. rsanya pengen sekali mengunjungi sulsel ini...
    nice review...

    sukses ya,,,
    senang bisa berkunjung
    Berkunjung juga Ke Blog saya juga ya

  2. Taman Prasejarah Leang-Leang dengan berbagai peninggalan warisan budaya dari masa pra sejarah, bahkan taman ini tercatat sebagai salah satu World Heritage yang ditetapkan UNESCO ;)

Leave a reply

TINGGALKAN KOMENTAR

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added