MOST RECENT

|

Ayo Imunisasi Campak dan Polio


"Lindungi anak dari bermacam penyakit dengan imunisasi"

Campak dan polio m e r u p a k a n penyakit yang sangat potensial untuk menimbulkan wabah. Penyakit ini bias dicegah dengan pemberian imunisasi campak dan polio. Sebelum imunisasi campak dan polio dipergunakan secara luas di dunia, banyak anak terinfeksi penyakit ini. Polio, dapat menyerang anak yang dapat melumpuhkan pada kaki merupakan penyakit yang tidak dapat disembuhkan, selain itu, polio pun dapat melumpuhkan otot pernapasan sehingga bisa menyebabkan kematian. 


Namun, sesungguhnya semua ini dapat dicegah dengan imunisasi
polio. Agar anak-anak Anda terhindar dari penyakit mematikan ini, Dr Hj. A. Naisyah Azikin M.Kes Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar mengajak masyarakat mulai 18 Oktober hingga 18 November 2011 untuk mendatangi pos imunisas seperti Posyandu, Puskesmas, Rumah Sakit dan Unit pelayanan kesehatan swasta lainnya untuk melakukan imunisasi tersebut.

Indonesia adalah Negara keempat terbesar penduduknya di dunia yang memiliki angka kesakitan campak sekitar satu juta per tahun dengan 30.000 kematian, yang me-nyebabkan Indonesia menjadi salah satu dari
47 negara prioritas yang diidentifikasi Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan Badan Dunia untuk Perlindungan Anak Anak (UNICEF) melaksanakan akselerasi dan menjaga kesinambungan dari reduksi campak. Strategi untuk kegiatan ini adalah cakupan rutin yang tinggi ( lebih dari 90persen) di setiap kabupaten/kota serta memastikan semua anak mendapatkan kesempatan kedua untuk imunisasi campak.

Sebelum imunisasi campak dan polio dipergunakan secara luas di dunia, tentu banyak anak terinfeksi campak dan polio. Kampanye campak dan polio dilaksanakan pada 962 Posyandu dan seluruh TK di Kota Makassar sesuai jadwal yang telah ditentukan. Pencanangan kampanye campak dan polio akan dilaksanakan 18 Oktober di RW Lima Kelurahan Bara-baraya. Kampanye ini dilaksanakan selama empat minggu, "Diharapkan pada minggu kedua semua anak telah diimunisasi," ucap A. Naisyah Azikin, pada minggu ketiga dan empat petugas akan mencari anak-anak yang belum diimunisasi.

Tapi diharapkan orang tua jangan menunggu petugas mendatangi mereka tapi dating sendiri ke posyandu terdekat. Untuk Kota Makassar saat ini tidak ada lagi kasus polio, yang ada hanya penyakit campak namun jumlahnya telah kecil, pemberian imunisasi tambahan ini untuk mencegah penyakit polio dan campak pada anak-anak. Untuk itu diharapkan semua SKPD ikut berpartisipasi dan memberikan dukungannya pada kegiatan ini.

Posted by PANRITA'E on 6:39 PM. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "Ayo Imunisasi Campak dan Polio"

Leave a reply

TINGGALKAN KOMENTAR

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added