MOST RECENT

|

Pajak BPHTB Lebihi Target

Salah satu pajak daerah yang diserahkan Pemerintah Pusat tahun ini adalah Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB). Tahun-tahun sebelumnya jenis pajak ini dikelola oleh Pemerintah Pusat sehingga Pemerintah Kota Makassar hanya memperoleh Rp 48 miliar. Kini, setelah BPHTB diserahkan untuk dikelola daerah, tahun ini Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Makassar memiliki target Rp 90 miliar dari Pemerintah Kota Makassar.
Perinciannya, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pokok yang sebelumnya Rp 80 miliar, kini diubah menjadi Rp 90 miliar. Target yang tergolong besar diberikan kepada Dispenda Kota Makassar ini tentunya tidak ada masalah atau hambatan sedikit pun dalam mencapainya.
“Pada 2 Desember 2011 telah didapatkan pemasukan pajak dari BPHTB sebesar 96 persen atau sekitar Rp 89.201.258.889,” ucap Sabir L. Ondo, Kepala Dinas Pendapatan Daerah Kota Makassar. Sabir juga mengatakan dia sangat yakin pada 31 Desember mendatang target yang diberikan untuk pajak BPHTB dapat tercapai bahkan akan melebih target dengan melihat hasil yang telah didapatkan sejauh ini.
Pertimbangannya, beberapa hal seperti kiat dalam pelaksanaan validasi yang dilakukan dengan teliti, obyek pajak dilayani secara betul-betul karena tidak menutup kemungkinan akan ada upaya penghindaran pajak. Begitu pun kesadaran masyarakat dalam melakukan pembayaran pajak sudah secara baik dan terbuka dalam memberikan informasi.
“Walaupun telah ada keterbukaan informasi dalam melakukan pembayaran pajak saat ini tapi masih ada beberapa obyek pajak yang sedikit nakal dalam melakukan kewajibannya, serta tidak transparan,” kata Sabir.
Pada kesempatan yang sama Sabir juga menambahkan, untuk 2011 ini Dispenda Kota Makassar tidak hanya menyodorkan pendapatan tetapi juga melakukan pembenahan sarana dan prasarana. Hal ini dilakukan mengingat 200 lebih pegawai yang ada saat ini sudah tidak nyaman lagi dalam bekerja dengan kondisi kantor yang telah ada saat ini.
Sebelumnya, Kantor Dispenda hanya memiliki dua lantai yang dinilai tidak kondusif lagi dalam menunjang pekerjaan yang dilakukan pegawai . Setelah pembenahan kantor selesai maka Dispenda akan memiliki tiga lantai dalam menunjang pekerjaan yang dilakukan. Selain itu juga akan memiliki tiga lantai dengan beberapa fasilitas pendukung lainnya seperti ruangan wartawan dan ruangan rapat.
Hal ini dilakukan demi memberikan kenyamanan kepada pegawai dalam bekerja dan memberikan pelayanan kepada masyarakat. Bukan hanya pembenahan gedung yang dilakukan tetapi peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) juga menjadi prioritas dimana tahun ini telah ada beberapa pegawai yang diutus mengikuti berbagai pelatihan dalam meningkatkan kinerja.
Tahun ini Dispenda tidak hanya melakukan pembenahan gedung, tapi Dispenda juga melakukan peningkatan kinerja Sumber Daya Manusia, melalui pelatihan-pelatihan.

Posted by PANRITA'E on 7:39 PM. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "Pajak BPHTB Lebihi Target"

Leave a reply

TINGGALKAN KOMENTAR

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added