MOST RECENT

|

Dispenda Siap Hadapi Pengalihan PBB

Dalam rangka menghadapi pengalihan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) menjadi pajak daerah pada 2013 mendatang, Unit Pelaksana Tugas Dinas (UPTD) PBB Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Makassar jauh-jauh hari telah mempersiapkan diri dalam menghadapi pengalihan tersebut. Salah satunya, persiapan Sumber Daya Manusia (SDM).
Menurut Andi Mappanyukki, Kepala UPTD PBB,”Dalam menghadapi pengalihan PBB ke pajak daerah, sebanyak 25 pegawai UPTD telah mengikuti diklat penilai PBB bekerja sama dengan Diklat Pajak.”
Pengalihan PBB ke pajak daerah tentunya akan memberikan banyak keuntungan kepada Pemerintah Kota Makassar. Keuntungan seperti Pajak Bumi dan Bangunan yang saat ini masih dilakukan bagi hasil kepada Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat setelah dilakukan pengalihan maka tidak akan dilakukan lagi bagi hasil.
“Semua PBB setelah pengalihan, pendapatan sepenuhnya akan diterima Pemerintah Kota Makassar,” ucap Andi Mappanyukki. Dengan demikian, Penghasilan Asli Daerah akan lebih meningkat sehingga pembangunan di Kota Makassar akan lebih cepat dari sebelumnya. Pengalihan PBB ke pajak daerah juga telah diatur dalam Undang-undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi.
Untuk UPTD PBB Dispenda Kota Makassar berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB), UPTD PBB tahun 2011 ini harus bisa mencapai target sebesar Rp 53 miliar. Seperti halnya beberapa bidang di Dispenda Kota Makassar untuk tahun ini UPTD PBB tidak hanya mencapai target sebesar Rp 53 miliar akan tetapi malah melebih target yang telah ditetapkan, yakni sebesar Rp 68,4 miliar.
Walaupun belum ada SKB berapa besar target pendapatan pajak PBB untuk tahun 2012, namun Andi Mappanyukki mengharapkan tahun depan dapat mengumpulkan pajak PBB sebesar Rp 79 miliar. Sekadar info, di Kota Makassar terdapat 14 kecamatan dan semua kecamatan ini telah melakukan pelunasan PBB tepat waktu dan beberapa kecamatan dalam melakukan pembayaran PBB melampaui target yang telah ditetapkan.

Posted by PANRITA'E on 7:39 PM. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "Dispenda Siap Hadapi Pengalihan PBB"

Leave a reply

TINGGALKAN KOMENTAR

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added