MOST RECENT

|

KPAP Kota Makassar Jadi Percontohan


SMS Gateway, pengarsipan elektronik dan penerbitan izin berdasar bidang usaha merupakan produk andalan KPAP Kota Makassar.


Kantor Pelayanan Administrasi Perizinan (KPAP) Kota Makassar walaupun saat ini secara kelembagaan masih berstatus kantor dengan fasilitas yang serba terbatas, namun telah menjadi referensi bagi  sejumlah kantor perizinan lainnya. Mereka datang untuk mempelajari program, serta sistem yang digunakan untuk dapat memberikan pelayanan yang maksimal terhadap pemohon izin.
KPAP memang patut menjadi percontohan bagi kantor perizinan lainnya mengingat saat ini ada beberapa program andalan yang diterapkan KPAP Kota Makassar. Seperti, SMS Gateway dan pengarsipan elektronik. SMS Gateway merupakan layanan yang diberikan kepada pemohon izin yang ingin mengetahui telah sejauh mana proses perkembangan izin yang diajukan.
Selain kedua program tersebut yang saat ini menjadi program andalan KPAP Kota Makassar, juga masih ada program lainnya. Yakni, memberlakukan penerbitan izin bukan berdasarkan jenis usaha seperti dilakukan beberapa kantor pelayanan perizinan. Tapi, berdasarkan bidang usaha. Sistem inilah yang membuat banyak Kantor Perizinan yang tersebar di Indonesia berdatangan ingin mengetahui bagaimana proses kerja program-program tersebut.
Pembuatan dan penerbitan izin yang fleksibel ini tentunya akan lebih mempermudah KPAP Kota Makassar dalam bekerja. Pemohon izin pun tidak perlu membuat izin yang banyak untuk jenis-jenis usaha yang mereka jalankan, sehingga biaya pun menjadi lebih irit.
“Beberapa Kantor Pelayanan Perizinan menerbitkan izin berdasarkan jenis usaha. Sementara kami di sini berdasarkan bidang usaha,” ucap Hj Nadjmah Emma M.Si, Kepala KPAP Kota Makassar. Beberapa pihak yang datang mengungkapkan, terkadang bingung sendiri saat ada pemohon yang mengajukan izin sementara belum ada dasar untuk menerbitkan izin yang diinginkan pemohon.
Di sinilah kelebihan KPAP Kota Makassar dalam menerbitkan izin karena dilakukan berdasarkan jenis usaha. Sehingga, semua jenis  izin usaha dapat diterbitkan selama tidak membentur Undang-Undang. Contohnya,  izin usaha hasil bumi dan laut.
Jika pemohon mengajukan izin usaha hasil bumi dan laut, maka di dalam izin tersebut telah mencakup semua jenis hasil bumi dan laut. Berbeda halnya jika izin berdasarkan jenis usaha, dimana pemohon izin hanya bisa memohon izin untuk satu jenis usaha saja. Misalnya, hasil bumi maka pemohon izin harus menegaskan jenis hasil bumi apa yang dimaksud.
Sistem seperti inilah yang dianggap cukup menarik oleh beberapa Kantor Perizinan dari daerah lain. Sehingga, mereka berminat mempelajari dan menerapkan di daerahnya. Prinsipnya, dengan sedikit izin namun telah mencakup semua bidang usaha.
Kantor Perizinan yang melakukan studi banding dan belajar pada KPAP Kota Makassar di antaranya, Kantor Pelayanan Perizinan Provinsi Jawa Timur, Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Kutai Kartanegara, dan Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Tolitoli.
KPAP Kota Makassar pun mengerjakan sekali saja untuk pengurusan perizinan yang dianggap memiliki kesamaan. Misalnya, izin usaha dan izin perdagangan yang merupakan satu rangkaian.

Posted by PANRITA'E on 12:07 AM. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "KPAP Kota Makassar Jadi Percontohan"

Leave a reply

TINGGALKAN KOMENTAR

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added