MOST RECENT

|

Manfaat KPAP Kota Makassar

Keberadaan Kantor Pelayanan Administrasi Perizinan (KPAP) Kota Makassar tentunya memberikan banyak manfaat bagi Pemerintah Daerah dan pelaku usaha. Lantas manfaat apa saja yang dapat dirasakan pemerintah daerah dan pelaku usaha?

Bagi Pemerintah Daerah, manfaatnya yakni meningkatkan citra positif Pemerintah Daerah. Selama ini terbentuk opini dimasyarakat adanya hambatan komunikasi antara Pemerintah sebagai pelayan dan masyarakat yang dilayaninya. Dengan adanya KPAP dapat dijadikan saluran bagi Pemerintah Daerah untuk memberikan semua informasi tentang perizinan yang dibutuhkan masyarakat.

Di sisi lain saluran yang sama juga dapat digunakan oleh masyarakat untuk menyampaikan keluhan dan masukan terhadap layanan publik kepada Pemerintah. Dengan kata lain melalui KPAP Kota Makassar berarti telah terbangun saluran yang berguna bagi kedua belah pihak. Oleh karenanya citra Pemerintah Daerah akan semakin baik di mata masyarakat. Citra baik ini akan mendorong partisipasi masyarakat yang lebih baik dalam pembangunan daerah.

Meningkatkan investasi di daerah, kemudahan-kemudahan yang diberikan di KPAP diharapkan dapat meningkatkan minat investasi domestik maupun asing untuk menanamkan modalnya di Kota Makassar. Bukan saja para investor akan mempertahankan investasi yang sudah ada, tapi para pelaku usaha yang lain juga akan tertarik untuk datang menanamkan modalnya.

Meningkatkan pendapatan daerah, kemudahan pelayanan perizinan, juga berdampak positif terhadap pendapatan daerah. Meningkatnya jumlah formalisasi usaha serta munculnya kegitan investasi baru di daerah akan meningkatkan pendapatan daerah, dan ketika kegiatan usaha ini berkembang, maka pelaku usaha secara langsung maupun tidak langsung akan memberikan kontribusi kepada daerah.

Manfaat KPAP Kota Makassar bagi pelaku usaha, yakni, terhindar dari biaya yang Tinggi, dan pelaku usaha membutuhkan kepastian dan legalitas izin atas usaha yang dijalankannya sesuai peraturan yang berlaku. Melalui KPAP Kota Makassar proses penyelesaian administrasi perizinan suatu usaha diharapkan akan menjadi lebih mudah, cepat, murah, dan transparan. Hal ini juga memungkinkan pelaku usaha dapat terhindar dari distorsi, perilaku negatif, yang biasa terjadi pada saat pengurusan izin.

Kemudahan terhadap berbagai akses, dan kemudahan bagi pelaku usaha, akan berdampak pada semakin luasnya akses terhadap sumber daya lain di sektor formal. Misalnya, lembaga keuangan, perbankan, dan berbagai lembaga baik dari pemerintah maupun swasta.

Semakin meningkatnya pengetahuan dan kesadaran masyarakat tentang tuntutan perbaikan sistem pelayanan publik, tidak saja dari aspek perbaikan sistem dan tata cara, tetapi sudah mencakup aspek kemudahan, kecepatan, dan kelancaran penyediaan pelayanan publik yang bisa diakses oleh masyarakat .

KPAP sebagai instansi yang memberikan pelayanan publik di sektor perizinan sangat menyadari adanya kebutuhan dan tuntutan masyarakat akan pentingnya iklim perizinan lebih kondusif. Sebagai bentuk komitmen Pemerintah Kota Makassar dalam meningkatkan sistem pelayanan kepada masyarakat, khususnya dalam hal kesederhanaan proses pemberian izin, dengan Peraturan Wali Kota Makassar Nomor 14 Tahun 2005 tentang Tata Cara Pemberian izin pada Pemerintah Kota Makassar, mekanisme pemberian izin melalui pelayanan berawal dan berakhir pada Kantor Pelayanan Administrasi Perizinan.

Peningkatan kualitas terhadap pelayanan perizinan harus terus dilakukan dan merupakan salah satu aspek dalam rangka mendukung visi Kota Makassar menuju Kota Dunia berlandas kearifan lokal.

Posted by PANRITA'E on 11:15 PM. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "Manfaat KPAP Kota Makassar"

Leave a reply

TINGGALKAN KOMENTAR

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added