MOST RECENT

|

Workshop UPTD Perbengkelan Tak Berfungsi Maksimal

Diharapkan pada 2012 semua kendaraan milik pemerintah menyerahkan perawatan pada UPT perbengkelan Dinas PU Kota Makassar.

Jumlah kendaraan dinas baik kendaraan roda dua maupun roda empat pada Pemerintah Kota Makassar tahun ini lebih dari 680 unit. Namun dari segi perawatan kendaraan yang tersebar pada beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) hingga kini belum ada kebijakan untuk mengarahkan atau menunjuk satu workshop untuk melakukan perawatan kendaraan-kendaraan tersebut. Akibatnya, masing-masing SKPD mengurus sendiri perawatan kendaraan mereka.

Padahal, jika Unit Pelaksana Tugas Dinas (UPTD) Perbengkelan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar dimanfaatkan semaksimal mungkin, soal perawatan kendaraan tidak perlu lagi dipusingkan. Jika ada kendaraan dari masing-masing SKPD yang bermasalah, cukup dibawa ke workshop UPTD Perbengkelan Dinas PU tersebut.

Selama ini UPTD Perbengkelan hanya merawat kendaraan-kendaraan Dinas PU saja yang jumlahnya hanya sekitar 40 unit. Sementara, lahan yang luas serta sarana dan prasarana dan tenaga ahli telah tersedia di sana. Sesuai visinya, UPTD Perbengkelan membantu pelaksanaan tugas Dinas Pekerjaan Umum dalam sektor pelayanan pemeliharaan kendaraan dinas dan alat berat. Serta, merencanakan, mengatur dan mengendalikan kegiatan perbengkelan.

Dari visi tersebut, jelaslah bahwa semua kendaraan dinas yang ada di Kota Makassar dapat membawa kendaraannya yang membutuhkan perawatan baik untuk pergantian suku cadang dan pelumas, ke bengkel tersebut. Sedangkan misinya, mewujudkan pengelolaan, perbaikan kendaraan dinas dan alat berat yang berkualitas dan ramah lingkungan; meningkatkan profesionalisme organisasi dan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam perbaikan kendaraan operasional serta pemeliharaannya; meningkatkan akuntabilitas organisasi dan aparat melalui penyusunan, perencanaan dalam perbaikan kendaraan-kendaraan dinas dan alat berat, baik dalam lingkup dinas secara khusus maupun dalam lingkup instansi pemerintahan pada umumnya.

Dengan workshop yang sangat luas dan SDM yang memadai , maka tidak ada salahnya jika kendaraan-kendaraan dinas yang dimiliki semua SKPD termasuk kendaraan dinas Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Makassar mulai tahun 2012 perawatannya diarahkan ke workshop tersebut. Agar workshop dan peralatan yang telah disediakan oleh Pemerintah Kota Makassar dapat dimanfaatkan dan berfungsi maksimal.

“Diharapkan mulai tahun depan semua kendaraan dinas yang ada di Kota Makassar perawatannya telah dialihkan ke UPTD Perbengkelan,” ucap Aslahuddin Rahim, SH, Kepala UPTD Bengkel Dinas PU Kota Makassar.
Dia menambahkan, jika hanya perawatan seperti pengantian suku cadang dan pelumas tentunya UPTD Perbengkelan juga dapat melakukannya. Apalagi, telah memiliki workshop yang dapat menampung kendaraan sebanyak 20 hingga 30 unit per harinya. Selain telah memiliki sarana dan prasarana dan tenaga teknis, UPTD Perbengkelan juga telah memiliki tempat pencucian kendaraan.

Posted by PANRITA'E on 12:03 AM. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "Workshop UPTD Perbengkelan Tak Berfungsi Maksimal"

Leave a reply

TINGGALKAN KOMENTAR

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added